Selasa, 29 Maret 2016

Tata Tertib Keluar Masuk Mesjid Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Tempat Ibadah yaitu area suci yg diperlukan oleh umat Islam buat beribadah. Sebab dimanfaatkan utk ibadah terhadap Allah SWT, telah sepatutnya tiap-tiap orang yg masuk ke dalam Tempat Ibadah berlaku sopan & tak sembarangan. Aspek ini butuh dilakukan supaya kegiatan ibadah yg dilakukan di Tempat Ibadah jadi terasa lebih nyaman & terbebas dari bermacam macam macam hambatan yg bisa jadi timbul. 

Tata Tertib Keluar Masuk Mesjid Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sendiri mengajarkan umatnya utk mengikuti sekian banyak adab masuk & ke luar Tempat Ibadah berikut ini :

Tata Tertib Adab Masuk & Keluar Tempat Ibadah


Mendahulukan Kaki Kanan
layaknya halnya disaat sedang melaksanakan gerakan atau pula aksi baik yg yang lain, disaat memasuki tempat ibadah, hendaknya kita mendahulukan kaki kanan di bandingkan bersama kaki kiri. Elemen ini senada bersama Hadits Nabi Muhammad SAW yg diriwayatkan oleh Anas Badan Intelijen Negara Malik RA yg artinya : “Termasuk aliran Nabi Muhammad SAW, saat Kamu masuk Tempat Ibadah, Kamu mendahulukan kaki kanan & kala ke luar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim yg sudah dishahihkan oleh Ad-Dzhabi.

Membaca Do’a Masuk Tempat Ibadah
Tak cuma mesti masuk bersama didahului oleh kaki sebelah kanan, diwaktu memasuki tempat ibadah, umat Islam serta dianjurkan utk memaca lafadz doa masuk tempat ibadah yaitu : ‘Allahumaftahlii abwaaba rahmatik’ yg artinya “ya Allah, buka lah pintu-pintu Rahmat-Mu”. Perihal ini senada bersama salah satu hadits yg diriwayatkan oleh Muslim yg artinya : “Jika salah satu orang di antara kalian masuk ke dalam tempat ibadah, sehingga ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’. Bila ke luar dari tempat ibadah, ucapkan lah : ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’. (H.R. Muslim No. 713).

Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid
Sesudah berada di dalam tempat ibadah, umat Islam pun dianjurkan utk laksanakan shalat sunah jumlahnya dua rakaat. Shalat sunah ini dinamakan dgn shalat Tahiyatul Tempat Ibadah. Shalat sunah Tahiyatul Tempat Ibadah dilakukan kala kita baru hingga di dalam tempat ibadah sebelum duduk. Oleh lantaran itu, sebelum kita memasuki tempat ibadah, kita mesti menentukan bahwa badan kita benar – benar suci & terbebas dari bermacam macam macam najis.

Berdoa Disaat Ke Luar Sembari Mendahulukan Kaki Kiri

layaknya halnya disaat memasuki tempat ibadah, dikala ke luar tempat ibadah umat Islam serta dianjurkan buat membaca lafadz doa ke luar tempat ibadah ialah ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’, yg artinya “Ya Allah, Saya Meminta karunia dari – Mu.” Tak cuma itu, disaat ke luar tempat ibadah, kita pun disarankan buat mendahulukan kaki sebelah kiri.
Tradisi Di Dalam Tempat Ibadah

Terkecuali dianjurkan utk menjalankan adab masuk & ke luar tempat ibadah diatas, umat Islam pun dianjurkan utk menjalankan sekian banyak rutinitas basic diwaktu sedang berada di dalam Tempat Ibadah berikut ini :

Mengenakan Baju yg Sopan & Bersih
Sebelum kita memasuki tempat ibadah, pastikan apalagi dulu jikalau kita sudah mengenakan baju yg sopan & serta bersih dari bermacam macam nazis.

Berjalan dgn Sopan & Santai

Waktu telah berada di dalam tempat ibadah, usahakan utk berlangsung bersama sopan, santai, & tak tergesa – gesa supaya tak menggangu orang yang lain yg pula sedang berada di dalam tempat ibadah.

Menunggu Kala Shalat bersama Berdzikir
Diwaktu sedang berada di dalam tempat ibadah utk menunggu masuk disaat shalat, kita dianjurkan utk berdzikir terhadap Allah.

Tak Bercakap – cakap di Dalam Tempat Ibadah

Buat menjaga ketenangan & kekhidmatan tempat ibadah, kita sebaiknya tak bercakap – cakap dgn orang lain yg pula sedang berada di dalam tempat ibadah.

Itulah sekian banyak tata kiat & adab masuk & ke luar Tempat Ibadah. Mudah-mudahan berguna ya!
Previous
Next Post »

Posting Komentar